KATA PENGANTAR
Globalisasi
sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah membawa seluruh bangsa dan
negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan
kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas
geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa
dampak, tetapi juga menjadi memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus
meningkatkan kompetensi. Globalisasi tidak hanya mengharuskan generasi muda
untuk bersaing dalam berkomunkasi secara universal, namun kemampuan analitis
dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak dapat
dikesampingkan lagi.
Peningkatan
kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat menghadapi era MEA.
Salah satu upaya Dinas Pendidikan Menengah (DIKNAS) untuk mewujudkan
peningkatan kompetensi public speaking dan penguasaan bahasa asing serta
kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah dengan mewadahi siswa,
dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan
kegiatan seleksi tahunan National Schools Debating Championship (NSDC) dan Lomba
Debat Bahasa Indonesia (LDBI)
Kegiatan
lomba debat bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tahunan ini bertujuan untuk
melatih siswa agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi
secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa
Inggris dan bahasa Indonesia yang baik, serta menjadikan semua kompetensi itu
sebagai modal yang baik dalam persaingan yang semakin global.
Pada tanggal 29 April 2019, seleksi NSDC dan LDBI akan
dimulai dari tingkat kota/Kabupaten Jambi, dengan masing-masing Dinas
Pendidikan kota dan kabupaten bekerjasama dengan MGMP guru mata pelajaran
bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai penyelenggaranya dengan panduan dan
bimbingan dai Dinas Pendidikan Propinsi Jambi. Dimana nantinya tiga pembicara
terbaik dari kategori NSDC dan LDBI dari masing-masing kota/kabupaten akan
mengikuti seleksi NSDC dan LDBI tingkat Propinsi Jambi, dan tiga pembicara
terbaik akan dikiirm mewakili Propinsi Jambi ke NSDC dan LDBI tingkat Nasional.
Sebagai
bagian dari program Tri dharma perguuan tinggi, yaitu Pendidikam, Penelitian
dan Pengabdian Masyarakat, maka sebagai bentuk kontribuksi aktif Program Studi
Tadris Bahasa Inggris STAI Ahsanta Jambi sebagai institusi pendidikan tinggi formal
bekerjasama dengan Jambi Debating Society sebagai komunitas debat jambi
berencana untuk membantu program pemerintah tesebut dengan mengadakan “Seminar
Pelatihan Debat Dan Mini Tournament JAMBI B.I.G I.D.E.A” secara gratis tanpa
pungutan biaya apapun.
B.I.G.
I.D.E.A sendiri adalah singkatan dari Battle of Ingenious Generation in
Intellectual Debating Education Activity atau Kompetisi Generasi Jenius Dalam Kegiatan
Pendidikan Debat Intellektual. Kegiatan Seminar Pelatihan Debat Dan Mini
Tournament ini akan di selenggarakan untuk dua kategori bahasa, yaitu pelatihan
debat bahasa Inggris untuk persiapan menghadapi seleksi NSDC (National School
Debating Championship), pelatihan debat bahasa Indonesia untuk persiapan
menghadapi seleksi LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia).
Pada
akhirnya proposal ini juga bersifat sebagai panduan dengan maksud memberikan
gambaran pelaksanaan kegiatan sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi
pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai kegiatan Seminar
Pelatihan Debat Dan Mini Tournament JAMBI
B.I.G I.D.E.A.
Selamat berdebat.
BAB I
PENDAHULUAN
1
JAMBI B.I.G I.D.E.A. B.I.G. I.D.E.A sendiri adalah singkatan
dari Battle of Ingenious Generation in Intellectual Debating Education Activity
atau Kompetisi Generasi Jenius Dalam Kegiatan Pendidikan Debat Intellektual, dalam
bahasa Inggris, bahasa Indonesia.
JAMBI B.I.G I.D.E.A yang mengambil tema “AKU UNTUK
JAMBIKU & INDONESIAKU” merupakan suatu sarana bagi seluruh peserta SMA/SMK/MA,
sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang
ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta
mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek
kecerdasan. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh tim SMA/SMK/MA dari kota
Jambi yang masing-masing sekolah terdiri atas 3 (tiga) orang siswa tim NSDC dan
3 (orang) siswa tim LDBI dan 1 (satu) orang guru pendamping yang juga akan
dilatih menjadi juri debat bahasa inggris dan bahasa Indonesia.
B. Tujuan
1. Umum
a.
Memperluas
wawasan para siswa agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi
secara efektif dalam bahasa Inggris.
b.
Melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat
dengan baik serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif, dan bersikap
sportif.
c.
Membekali siswa sebagai anggota masyarakat yang
potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.
2
a.
Membangun antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta
untuk mengikuti pelatihan dan mini tournament dalam bahasa Inggris, dan bahasa
Indonesia.
b.
Membangun kemampuan berpikir kritis siswa mengenai
isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
3.
Membangun kesadaran siswa akan pentingnya toleransi
dan menghormati perbedaan berpendapat.
4.
Sebagai sarana untuk memperkenalkan lebih dekat STAI
Ahsanta jambi terutama Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris kepada
para peserta pelatihan
C. Dasar
Hukum
1.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional;
2.
Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 Tentang Penguatan
Pendidikan Karakter
3.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
4.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun
2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan
dan/atau Bakat Istimewa;
5.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan
Pendidikan
Dasar dan Menengah
6.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 39
Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
7.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62
Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan
Pendidikan Menengah
3
8.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18
Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
9.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82
Tahun 2015 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan
Satuan Pendidikan
10.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor .23
Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti
11.
Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015—2019; dan
12.
DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program
Penyediaan dan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Tahun 2018.
D. Hasil
yang Diharapkan
1.
Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh
peserta untuk mengikuti seminar dan pelatihan serta mini tournament.
2.
Terbangunnya kemampuan berpikir kritis siswa mengenai
isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
3.
Terbangunnya kesadaran siswa akan pentingnya toleransi
dan menghormati perbedaan berpendapat.
4.
Terjaringnya beberapa siswa berbakat yang akan diberikan
beasiswa untuk masuk STAI Ahsanta.
5.
Mendaftarnya beberapa calon mahasiswa untuk menjadi
mahasiswa STAI Ahsanta
4
5
1.
Perwakilan SMA/SMK/MA yang merupakan tim-tim peserta
yang didapat dari hasil seleksi internal di masing-masing SMA/SMK/MA.
Masing-masing institusi boleh mengirimkan maksimal 2 tim (NSDC dan LDBI)
2.
Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang
bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.
3.
Pendebat adalah peserta didik aktif di SMA/SMK/MA yang
dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.
4.
Khusus peserta SMA/SMK/MA, wajib mengirimkan 2 tim
yang terdiri dari 1 tim NSDC, 1 tim LDBI.
5.
Peserta mampu berpikir kritis dan memiliki pengetahuan
umum yang luas.
6.
Peserta memiliki kemampuan berbicara dengan baik di depan umum.
7.
Peserta memiliki kemampuan bekerja sama dengan baik dalam tim.
B. Mekanisme
Seleksi dan Sistem mini tournament
Tiap-tiap SMA/SMK/MA melaksanakan
seleksi internal untuk memilih tim-tim terbaik yang akan mengikuti seleksi NSDC
dan LDBI dan mengikuti seminar dan pelatihan debat yang dilanjut dengan Warming
Up mini tournament JAMBI BIG IDEA.
6
3) Sistem debat NSDC dan LDBI
Memakai
sistem yang dipakai dalam seleksi NSDC & LDBI tahunan oleh DIKNAS , yaitu
Asian Parliamentary system yang terdiri dari dua team yang saling berhadapan
pada tiap rondenya, sebagai tim afirmasi, dan tim oposisi, yang masing-masing
tim terdiri dari 3 orang, dimana sebelum tiap ronde dimulai diberikan waktu 30
menit untuk membangun kasus, masing-masing orang dari tiap tim akan dapat
giliran berbicara bergantian selama 7 menit
C. Sistem mini tournament dan Penilaian
Proses lomba
menggunakan metode sistem turnamen. Dalam sistem turnamen ini ada beberapa hal
yang perlu dilaksanakan.
a.
Lomba ini terdiri atas 2 babak, yaitu babak penyisihan
(Preliminary Rounds) kemudian babak eliminasi (Octofinal sampai dengan Final
Rounds). Dari babak penyisihan akan diperoleh 16 tim terbaik yang
7
akan
memasuki babak eliminasi/gugur (Octofinal
16 besar, Quarterfinal 8 besar, Semifinal 4 besar, dan Grand Final 2 besar).
b.
Penentuan tim yang akan menjadi Top 16 diurutkan dari
performa dari babak penyisihan melalui 3 prioritas penilaian sebagai berikut.
1.
Victory Point
Poin kemenangan ini
diberikan jika tim memenangkan satu
pertandingan
dalam babak penyisihan; tim yang menang akan memperoleh 1 Victory Point, sedangkan tim yang kalah mendapatkan 0 Victory Point.
2.
Team Score
Team Score
merupakan akumulasi dari skor pembicara dari satu pertandingan.
3.
Margin
Margin
ialah selisih dari total skor yang didapatkan dari satu pertandingan debat;
untuk tim yang memenangkan perlombaan, margin-nya akan bersifat positif,
sedangkan tim yang kalah akan mendapat margin yang negatif dengan angka yang
sama.
Mekanisme Penilaian
1.
Penilaian ditentukan berdasarkan aturan dalam sistem Asian Parliamentary.
2.
Penilaian terdiri atas penilaian substantive
speech dan reply speech.
3.
Penilaian berdasarkan pada ketentuan berikut.
8
Substantive
Speech:
Standard
|
Overall
|
Style
|
Content
|
Strategy
|
|
(/100)
|
(/40)
|
(/40)
|
(/20)
|
||
|
|||||
Exceptional
|
80
|
32
|
32
|
16
|
|
Excellent
|
76-79
|
31
|
31
|
15-16
|
|
Extremely Good
|
74-75
|
30
|
30
|
15
|
|
Very Good
|
71-73
|
29
|
29
|
14-15
|
|
Good
|
70
|
28
|
28
|
14
|
|
Satisfactory
|
67-69
|
27
|
27
|
13-14
|
|
Competent
|
65-66
|
26
|
26
|
13
|
|
Pass
|
61-64
|
25
|
25
|
12-13
|
|
Improvement Needed
|
60
|
24
|
24
|
12
|
|
Reply
Speech:
|
|
|
|
|
|
Standard
|
Overall
|
Style
|
Content
|
Strategy
|
|
(/100)
|
(/40)
|
(/40)
|
(/20)
|
||
|
|||||
Exceptional
|
40
|
16
|
16
|
8
|
|
Very Good to Excellent
|
36-39
|
15
|
15
|
7.5
|
|
Good
|
35
|
14
|
14
|
7
|
|
Pass to Satisfactory
|
31-34
|
13
|
13
|
6.5
|
|
Improvement Needed
|
30
|
12
|
12
|
6
|
9
a.
Topik yang akan digunakan yaitu topik dadakan (impromptu motions) dan topik yang diberikan 30 menit sebelum debat
dimulai (impromptu motions). Penentuan topik akan ditentukan oleh ketua dewan
juri (chief adjudicator) dan wakil
ketua dewan juri (deputy chief of adjudicators).
b. Sistem
debat yang digunakan dalam JAMBI
B.I.G I.D.E.A ini adalah “Asian parliamentary” yang merupakan
standar internasional dan telah
diterapkan di berbagai negara peserta kejuaraan dunia.
D. Kriteria
Penilaian
Penilaian didasarkan pada
kriteria sebagai berikut.
1.
Isi (Content)
Isi
adalah logika argumentasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari
gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan
penggunaan data- data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi
lawan juga berbobot sama dengan argumen, yang harus dibuktikan logika serta
relevansinya. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.
2.
Penyampaian (Style)
Penyampaian adalah cara pendebat
menyampaikan argumentasinya menyangkut bagaimana pembicara mengontrol dan
mengelola bahasa tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk
membuat pidatonya menarik dan enak didengarkan. Komponen ini memiliki bobot 40%
dari keseluruhan penilaian.
10
3.
Strategi (Strategy)
Strategi
menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik
dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur
penyampaian juga termasuk dalam strategi. Komponen ini memiliki bobot 20% dari
keseluruhan penilaian.
1.
Terampil dalam berbahasa Inggris, Indonesia, baik lisan maupun tulis.
2.
Memahami teori-teori dasar tentang debat dalam bahasa Inggris dan
bahasa Indonesia.
3.
Memahami sistem perlombaan debat dengan format WSDC.
4.
Jika sebelum lomba salah satu juri pernah melatih
salah satu atau beberapa tim yang bertanding di JAMBI BIG IDEA maka juri yang
bersangkutan tidak diperkenankan menjadi juri di ruang dimana tim yang dia
latih bertanding.
Kode Etik Juri
1.
Profesional, yang tercermin dalam cara berpakaian,
memiliki wibawa dalam penjurian, memiliki pengetahuan yang luas, tepat waktu,
dan menguasai teknik berdebat.
2.
Nonpartisan, tidak menunjukkan bias
khusus pada ras, agama, golongan, dan kepentingan tertentu.
3.
Obyektif, tidak terpengaruh oleh hal-hal lain yang
dapat menentukan keputusannya memenangkan atau mengalahkan tim tertentu. Unsur
subyektivitas, seperti pengalaman pribadi dan pengetahuan lanjutan yang
dikuasai seorang juri, harus dapat dipisahkan dari debat yang dinilainya.
11
4.
Bertanggung jawab atas setiap keputusan yang
diambilnya, termasuk bersedia memberi penjelasan yang diperlukan oleh tim
peserta serta kritik dan masukan yang berguna bagi peserta.
Juri
yang melanggar kode etik akan diberikan sanksi oleh ketua dewan juri atau chief
adjudicator. Setiap debat akan dijuri oleh minimal 1 (satu) orang yang dipilih
oleh ketua dewan juri sebelum debat dimulai. Jumlah juri dalam satu panel harus
ganjil untuk menentukan keputusan berdasarkan suara
terbanyak. Ketua dewan juri akan memastikan tidak ada konflik atau
persinggungan kepentingan antara tim debat dan juri, misalnya adanya kesamaan
asal sekolah, aliansi keluarga, pelatih tim, dan teman dekat tim debat. Ketua
dewan juri berhak memberhentikan seorang juri dari kompetisi apabila terbukti
melanggar kode etik di atas. Meskipun demikian, keputusan juri tidak dapat
diganggu gugat.
12
13
Persyaratan
1.
Peserta JAMBI B.I.G I.D.E.A adalah Warga Negara Indonesia.
2.
Satu tim harus terdiri atas tiga debaters (AP)
3.
Debater adalah siswa aktif yang dibuktikan dengan
Kartu Pelajar /Surat Tugas.
4.
N1 adjudicator adalah guru.
5.
Debater wajib mengikuti Seminar on Debating.
6.
N1 adjudicator
wajib mengikuti Seminar on Adjudicating,
Adjudicator Accreditation dan mengikuti proses penjurian/ (adjudication) selama
lomba. Apabila Juri N1 tidak mengikuti kegiatan yang dimaksud, maka tim dari SMA/SMK/MA
yang bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan dan tidak
diperkenankan melajutkan ke babak gugur.
7.
Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apa pun
selama perlombaan. Jika ada anggota yang mendadak pada hari lomba tidak bisa
datang, maka tim tersebut tetap bertanding dengan jumlah anggota tim apa
adanya.
Informasi Pendaftaran seminar, pelatihan dan mini tournament
1.
Pendaftaran JAMBI BIG IDEA bisa dilakukan
langsung di kantor STAI Ahsanta atau melalui kontak email atau wa dengan
panitia pendaftaran.
4.
WA: Mr Teguh 0812.7073.7708
15
Kegiatan JAMBI B.I.G I.D.E.A
diadakan setiap hari minggu pagi
jam 09:00
sampai dengan 15:00
(waktu bisa
berubah sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan)
Tepatnya
pada tanggal
1)
24 Maret 2019 (Pelatihan Gratis)
2)
7 April 2019 (Pelatihan Gratis)
3)
21 April 2019 (Pemanasan dalam bentuk Mini Tournament)
Berlokasi
di STAI Ahsanta Jambi.
B. Run Down
Kegiatan JAMBI B.I.G
I.D.E.A ini pada dasarnya terdiri atas pembukaan, seminar, seleksi
debat, dan penutupan.
1.
Pembukaan (hari pertama)
Dalam
pembukaan akan disampaikan pengarahan dan perkenalan STAI Ahsanta Jambi
sekaligus dilakukan pembukaan secara resmi kegiatan JAMBI B.I.G
I.D.E.A Tahun 2019.
2.
Seminar dan Pelatihan (2 Minggu)
Dalam kegiatan ini akan disajikan
beberapa informasi yang berkai-tan dengan cara debat, sistem debat, dan
sebagainya. Pemberian informasi ini akan disampaikan oleh Ketua Tim Juri (JAMBI B.I.G
I.D.E.A) dan narasumber lainnya.
17
3. Mini Debate tournament (2
minggu)
Dalam mini tourament debat, akan dilakukan penilaian bagi
para peserta seperti yang tercantum dalam jadwal.
4. Penutupan (hari terakhir)
Dalam acara penutupan akan diumumkan 16 best speakers dan Juara 1234, yang dilanjut-kan dengan pemberian
sertifikat/piagam penghargaan pemenang dan penutupan secara resmi JAMBI B.I.G
I.D.E.A Tahun 2019..
18
19
1.
Penghargaan kategori tim:
a.
Sertifikat diberikan kepada kategori NSDC Juara 1;
Juara 2; Juara 3, Juara 4
b.
Sertifikat diberikan kepada kategori LDBI , Juara 1, 2, 3, 4.
2.
Penghargaan kategori individu:
Sertifikat
diberikan kepada 10 pendebat terbaik kategori NSDC dan 10 pendebat terbaik kategori LDBI dengan
kategori sebagai berikut:
20
Untuk
meningkatkan dan menambah wawasan para remaja khususnya siswa SMA/SMK/MA maka perlu
pembenahan-pembenahan baik dalam aspek aturan formal maupun aspek tehnis,
dengan mengukuhkan berbagai pilar dalam pengembangan pendidikan melalui
kegiatan JAMBI B.I.G I.D.E.A.
Pengembangan
pendidikan pada berbagai jenjang senantiasa menjadi bagian dari dinamika
perubahan, dengan memperhatikan secara seksama aspek-aspek relevansi dengan
kondisi yang aktual di masa yang akan datang.
22
INFORMASI
Group WA : Jambi
Big Idea
No WA : 0812.7073.7708 (Teguh Adimarta)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar